RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N 1 .....
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/semester :XI/2
Materi Pokok :Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis tentang
gejala dan peristiwa alam dan sosial
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (2 JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong royong, kerjasama , toleran, damai), santun,reponsive dan
pro-aktiv dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
:
|
memahami , menerapkan dan menganalisa.pengetahuan faktual ,
konseptual , prosedural ,dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan , tekhnologi, seni , budaya , dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan , kebangsaan ,
kenegaraan , dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
penerapan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik yang sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mencegah , menalar , menyaji,dalam ranah konkrit dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasiinternasional
yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
1.1.1 Menulis
learning log yang mengungkapkan
rasa syukur atas kesempatan dapat
belajar bahasa Inggris
|
2.
|
3.9
|
Menganalisis tujuan , struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks ilmiah factual ( factual report ) lisan dan tulis
sederhana tentang benda, binatang dan gejala / peristiwa alam , terkait
dengan mata pelajaran lain di kelas 1x
|
3.9.1 Menentukan
tujuan komunikatif teks
|
3.
|
3.7
|
Menganalisis teks-
teks ilmiah faktual ( factual report )lisan dan tulis.sederhana, tentang benda,
binatang dan gejala / peristiwa alam , terkait dengan mata pelajaran lain di
kelas 1x dengan memperhatikan tujuan , struktur teks. Dan unsur kebahasaan
,secara benar dan sesuai dengan konteks
|
3.13.2 Mengidentifikasi struktur teks
3.13.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks
|
4.
|
4.14
|
Menangkap makna dalam teks ilmiah
faktual (report) lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, terkait dengan mata pelajaran lain.
|
4.14.1 Menangkap
makna dalam teks ilmiah faktual (report)
lisan dan tulis
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik dapat:
1.
Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari
guru;
2.
Mengidentifikasi
struktur teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3.
Mengidentifikasi
kata sifat yang terdapat dalam teks dengan tepat
4.
Mengidentifikasi kata kerja yang terdapat
dalam teks dengan benar.
5.
Mengidentifikasi
kata keterangan yang terdapat dalam teks dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
Fungsi
Sosial :Menguraikan gambaran
umum tentanggejala dan peristiwa alam dan sosial, secara objektif dan ilmiah.
Struktur Teks :
·
Penyebutan jenis atau golongan dari obyek yang
dipaparkan.
·
Deskripsi obyek termasuk nama, sifat dan
perilaku yang umum ditemukan/ dilihat.
Unsur
Kebahasaan:
·
Penyebutan kata benda umum, singular dan plural.
·
Kalimat dengan kata kerja (be, have, look, need, breed, dll.) dalam Simple Present tense, atau Simple Past tense jika sudah
punah atau tidak ada lagi.
·
Penamaan dengan istilah ilmiah .
·
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas
dan rapi.
·
Ucapan tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan.
Topik: Gejala/peristiwa alam dan sosial terkait
dengan mata pelajaran lain di Kelas IX.
A.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Ilmiah
B.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Gambar benda, Teks report,
2.
Sumber
Pembelajaran
·
Keteladanan
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal
dengan benar dan akurat
· Contoh interaksi tertulis
· Contoh teks tertulis
· Sumber dari internet:
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam, tegur, sapa
|
- Guru memberi salam (greeting)
- Guru memeriksa kehadiran siswa
- Guru menyampaikan cakupan materi yang akan
dijelaskan
|
Kegiatan Inti (60 menit)
|
|
Observing
Questioning
Experimenting
|
- Siswa membaca/ mendengarkan/menonton berbagai macam teks ilmiah faktual
tentang gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran
lain di Kelas IX. (T1)
- Siswa membaca/ mendengarkan/menonton berbagai macam teks ilmiah faktual
tentang gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran
lain di Kelas IX. (T2)
- Siswa memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisan teks
ilmiah faktual (T3)
- Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan antara
lain fungsi sosial, struktur teks, penggunaan unsur kebahasaan (present tense dan passive, rujukan kata). (T4)
-
Siswa mempertanyakan cara
menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan
dalam teks ilmiah faktual. (T5)
|
Penutupan (10 menit)
|
|
Kesimpulan
Kegiatan
|
- Peserta didik dan guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya
- Peserta didik dan guru memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- Guru memberikan informasi mengenai rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya
- Guru mengucapkan salam penutup.
|
F.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Learning
Journal
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menulis
learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
|
Lampiran
1
|
d.
Instrumen: lihat
Lampiran ...
e.
Rubrik Penilaian
Sikap Spiritual
No
|
Indikator
|
Skor
|
1.
|
Menggunakan 8 kata positif
dan dua diantaranya adalah kata “Lord” dan “Good”
|
5
|
2.
|
Menggunakan 6 kata positif
dan dua dintaranya adalah kata “Lord” dan “Good”
|
4
|
3.
|
Menggunakan 4 kata positif
dan dua diantaranya adalah kata “Lord” dan “Good”
|
3
|
4.
|
Menggunakan 4 kata positif
tanpa kata “Lord” dan “Good”
|
2
|
5.
|
Menggunakan kurang dari 4
kata positif tanpa kata “Lord” dan “Good”
|
1
|
f.
Pedoman
Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Sikap sosial
a.
Teknik Penilaian : Penilaian
sejawat (antar teman)
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Peer Assessment
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Memberikan
penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
|
Lampiran
Penilaian Sikap 1-3
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Rubrik
Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
= 2
Always
= 1
Often
= 0,5
Seldom
Contoh: Mencentang
untuk seluruh
pernyataan.
= 2 + 2 + 2 = Skor
6.
Bila
mencentang:
= 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.
Bila
mencentang:
= 2 + 1 + 0,5 = Skor
3,5
g.
Pedoman Penskoran
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
1.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Pilihan Ganda
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Disajikan
teks bergambar tentang sifat atau ciri fisik suatu gejala dan fenomena alam,
siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks dengan benar.
|
Soal
No. 1
|
|
Disajikan
teks bergambar tentang sifat atau ciri fisik suatu gejala dan fenomena alam,
siswa dapat menentukan informasi kata rujukan dengan benar.
|
Soal
No. 2
|
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan
kata sifatnya dengan tepat
|
Soal
No. 3
|
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan
kata sifatnya dengan tepat
|
Soal
No. 4
|
5.
|
Disajikan
pertanyaan yang mengandung sifat atau ciri fisik gejala dan fenomena alam
tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
|
Soal No. 5
|
6.
|
Disajikan
pertanyaan yang mengandung sifat atau ciri fisik gejala dan fenomena alam
tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
|
Soal No.6
|
7.
|
Disajikan
sebuah kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat
melengkapinya dengan kata sifat yang tepat.
|
Soal No.7
|
8.
|
Disajikan
sebuah kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat
melengkapinya dengan kata sifat yang tepat.
|
Soal No.8
|
9.
|
Diperdengarkankan
sebuah percakapan yang mengandung sifat atau ciri fisik gejala dan fenomena
alam tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
|
Soal No.9
|
10.
|
Disajikankan
sebuah pernyataan yang mengandung sifat atau ciri fisik gejala dan fenomena
alam tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
|
Soal No.10
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran ...
e.
Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1
(satu)
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk
Instrumen : Tes Keterampilan Menulis, Membaca dan berbicara
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/Indikator
|
Butir Instrumen
|
Menulis
|
|
|
|
Disajikan
sebuah jawaban pesan singkat tentang sifat gejala dan fenomena alam, siswa dapat
menuliskan pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
|
Soal
No. 1
|
|
Disajikan
sebuah jawaban pesan singkat tentang sifatgejala dan fenomena alam, siswa
dapat menuliskan pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan
berterima.
|
Soal
No. 2
|
|
Disajikan sebuah gambar tentang sifat gejala dan fenomena alam, siswa dapat membuat teks report dengan benar.
|
Soal
No. 3
|
|
Melengkapi kata rumpang dialog tentang sifat gejalan dan
fenomena alam, siswa dapat report dengan kata – kata yang benar.
|
Soal
No. 4
|
|
Menjawab
pertanyaan dialog tentang sifat gejala dan fenomena alam, siswa dapat membuat teks report dengan benar.
|
Soal
No.5
|
|
Disajikan
sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan sifat atau ciri gejala dan
fenomena alam dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal
No. A.1
|
|
Disajikan
sebuah situasi sederhana, siswa dapat
Menyatakan sifat atau ciri gejala dan fenomena alam dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal
No. A.2
|
|
Siswa dapat mendeskripsikan gejala dan fenomena alam secara
lisan di depan kelas dengan akurat, lancar dan berterima.
|
Soal
No. A.3
|
9.
|
Siswa dapat
menuliskan deskripsi gejala alam di kotanya dalam bentuk teks sangat
sederhana secara akurat, runtut dan berterima.
|
Soal No. B
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Tes Keterampilan Menulis soal No. 6 dan 7
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi
dengan tujuan penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan
kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Penulisan kosa
kata
|
100% penulisan
kosa kata tepat
|
5
|
80% penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
4
|
Ketepatan tata
bahasa
|
100% penggunaan
tata bahasa tepat
|
5
|
80%
penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60%
penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40%
penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20%
penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar