Sabtu, 12 Juli 2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SMP ….                                                                               
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : VIII/ Dua
Materi Pokok             : Memahami Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
   pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan.
Alokasi Waktu           : 1 pertemuan (2 JP)

A.      Kompetensi Inti 
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1        Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris
2.



3





4.

2.1



3.14





4.16

Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksana kan fungsi sosial dari teks pesan singkat dan pengumuman /pemberitahuan (notice), sesuai dengan konteks penggunaannya

Menangkap makna pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana

2.1.1     Menyapa guru dan teman dengan santun


3.4.1 Mengidentifikasi fungsi sosial Teks undangan.
3.4.2 Mengidentifikasi struktur teks pada undangan.
3.4.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada undangan.

4.5.1 Menulis Teks Essai dalam bentuk undangan

C.      Tujuan Pembelajaran  
Pertemuan Pertama
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      Mendapatkan informasi dan mengidentifikasi makna yang terdapat di dalam pesan singkat
2.      Mengidentifikasi fungsi sosial dalam pesan singkat
3.      Mengidentifikasi struktur teks dalam pesan singkat
4.      Mengidentifikasi unsur bahasa dalam pesan singkat

Pertemuan Kedua
1.      menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
2.      bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok;
3.      mengakui ketika membuat kesalahan;
4.      tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri;
5.      melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain
6.      mengekspresikan penyampaian pesan singkat dengan ucapan dan intonasi yang tepat.




D.      Materi Pembelajaran 
Pertemuan pertama
Fungsi Sosial
Menyampaikan pesan dan memberi tahu untuk mencapai tujuan dengan sentuhan personal dalam komunikasi antar guru dan siswa.
Struktur Teks
Pesan singkat:
a.      I’m busy now. Please call me in a few minutes.
b.      Make sure you lock the gate when you leave. Sure. Yes, I will.
Unsur Kebahasaan
1.         Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan: Imperratives
2.         Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
3.         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku santun, peduli, dan disiplin.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.

Pertemuan Kedua
Fungsi Sosial
Menyampaikan pesan dan memberi tahu untuk mencapai tujuan dengan sentuhan personal dalam komunikasi antar guru dan siswa.
Struktur Teks
Pesan singkat:
a.      I’m busy now. Please call me in a few minutes.
b.      Make sure you lock the gate when you leave. Sure. Yes, I will.
Unsur Kebahasaan
1.         Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan: Imperratives
2.         Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
3.         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku santun, peduli, dan disiplin.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.
E.     Metode Pembelajaran
Metode ilmiah
F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.    Media                          : Gambar beserta Teks pesan singkat
b.    Alat/Bahan                  : -
c.    Sumber Belajar            :
1.      www.dailyenglish.com

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
1.      memeriksa kehadiran siswa
2.      mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa
3.      menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai
4.      menyampaikan cakupan materi

Kegiatan Inti (60 menit)
Observing





Questioning


Exploring



Associating
1.          Siswa membaca contoh  pesan singkat, sangat pendek dan sederhana (T1)
2.          Siswa membaca untuk memahami  berbagai informasi dari pesan singkat, sangat pendek dan sederhana, dengan pengucapan dan intonasi yang baik (T2)

3.           Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan bagian - bagian pesan singkat


4.          Siswa membaca contoh-contoh pesan singkat, sangat pendek dan sederhana l dari berbagai sumber lain. (T3)


5.            Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya (T4)
Penutup (10 menit)
Kesimpulan kegiatan
1.        Guru dan siswa secara bersama-sama mengulas kembali bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2.        Guru menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar.
3.        Guru memberikan tugas kepada siswa di beri tugas untuk membuat pesan singkat.
4.        Guru menjelaskan materi untuk pertemuan berikutnya.


Pertemuan Kedua
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
1.      memeriksa kehadiran siswa
2.      mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa
3.      menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai
4.      menyampaikan cakupan materi
Kegiatan Inti (60 menit)
Creating






Networking

1.      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa pesan singkat, sangat pendek dan sederhana. (T1)
2.      Siswa menyimpulkan hasil analisisnya terkait Fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pesan singkat, sangat pendek dan sederhana (T2)

3.      Siswa menyampaikan pesan singkat, sangat pendek dan sederhana dengan  ucapan, intonasi dan ekspresi dan performan yang baik dalam setiap ada kesempatan (T3)
Penutup (10 menit)
Kesimpulan kegiatan
1.      Guru dan siswa secara bersama-sama mengulas kembali bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2.        Guru menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar.
3.        Guru memberikan tugas kepada siswa di beri tugas untuk membuat pesan singkat.
4.        Guru menjelaskan materi untuk pertemuan berikutnya.

H. Penilaian
1.        Sikap spiritual
a.         Teknik Penilaian              : Tertulis
b.         Bentuk Instrumen           : Learning Journal
c.         Kisi-kisi                           :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...
e.         Rubrik Penilaian Pengetahuan

No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “Happy” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “Happy” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “Happy” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “Happy” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “Happy” dan “Thank”
1

f.          Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

2.         Sikap sosial
a.         Teknik Penilaian       : Penilaian sejawat (antar teman)
b.        Bentuk Instrumen    : Lembar Peer Assessment
c.         Kisi-kisi                    :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...
e.         Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
= 2
always
= 1
often
= 0,5
                     seldom
Contoh: Mencentang           untuk seluruh pernyataan.
                               = 2 + 2 + 2 = Skor 6
                     Bila mencentang:
                                             = 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.
                     Bila mencentang:
                                                         = 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5

f.         Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.         Pengetahuan
a.         Teknik Penilaian       : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen    : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi              :
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Diperlihatkan teks dan peserta didik dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 1
  1.  
Diperlihatkan teks dan peserta didik dapat menentukan struktur teks dengan benar.
Soal No. 2-3

d.        Instrumen: lihat Lampiran 2
e.         Pedoman penskoran       : Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)

f.       Instrument                     : lihat lampiran
g.      Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis
No
Nama
Aspek yang dinilai
Skor 1-3


Diction
accuracy
Kesesuain isi
































Kriteria
Diction                        :
a.       3 : jika pilihan kata tepat
b.      2 : jika pilihan kata ada kurang tepat
c.       1 : jika pilhan kata banyak yang kurang tepat
Accuracy         :
a.       3 : jika grammar akurat
b.      2 : jika grammar ada yang tidak akurat
c.       1 : jika sebagian besar grammar tidak akurat

B.     Sikap
a.       Teknik Penilaian          : Penilaian Guru
b.      Bentuk Instrumen       : Perform
c.       Rubrik Penilaian Sikap

No
Nama
Aspek yang di amati
Skor


Percaya diri
Tanggung jawab




























Kriteria
BT (Belum Tampak)            : skor 1
MT (Mulai Tampak)             : skor 2
M M (Mulai Membudaya)   : skor 3





Kediri,
Mengetahui                                                                
Dosen Pembimbing                                                                 Guru Mata Palajaran


______________________                                                    ______________________
NIP.                                                                                        NIP.









Lampiran 1: Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial


MY LEARNING LOG

  Name: ……………………………………………………………         

   Use the words to complete the sentence. Your teacher will help you.



Having a chance to learn English makes me…
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               


































Lampiran 2 : Instrumen Penilaian Sikap Sosial
SELF ASSESSMENT
Name           :                                                        
Day/date       :                                                                  
Tick the suitable pictures to describe your responsibility.
1.    I take responsibility for actions of others when I am in
charge.
                 
2.    I admit when I make a mistake.
                     
3.    I don’t blame others for my actions.
               
4.    I do the things I say I will do without anybody telling me to.
       


















 





 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar