Kamis, 24 Juli 2014



\RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                : SMP ………………
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : VII/1
  Materi Pokok                         : Teks Lisan dan Tulis mengenai Tanda Atau Rambu (Short Notice)
Alokasi Waktu                       : 2 pertemuan (4 JP)

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.9   Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator: Megidentifikasi struktur teks tanda atau rambu (short caution).
4.10    Menangkap makna teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
 Indikator:  a. Menyampaikan tanda atau rambu  secara lisan tentang orang dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai dengan konteks.
b. Menyampaikan teks descriptive secara tulis tentang orang dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai dengan konteks.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.   Siswa mampu mengidentifikasi fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan pada tanda atau rambu.
2.   Siswa mampu menentukan tanda atau rambu yang sesuai dengan konteks dengan memperhatikan fungsi social, stuktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar.
Pertemuan Kedua:
1.   Siswa terampil menyusun tanda atau rambu secara lisan sangat pendek dan sederhana yang berhubungan dengan lingkungan di sekitar dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dengan unsur kebahasaan yang benar, percaya diri, dan penuh tanggungjawab.
2.   Siswa terampil menyusun tanda atau rambu secara tertulis yang sangat pendek dan sederhana berhubungan dengan lingkungan di sekitar dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dengan unsur kebahasaan yang benar, percaya diri, dan penuh tanggungjawab.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama    
 Fungsi sosial:
1.     Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
2.     Mencapai tujuan, menjaga ketertiban dan keselamatan pribadi dan publik.
Struktur Teks:
1.      Ungkapan baku rambu (short notice): Keep the room clean and tidy. Keep door closed at all times. Do not enter. An email has been received. No mobile phones in the library.
Unsur Kebahasaan:
1.      Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan
2.      Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
3.      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik:
Tindakan di sekolah dan di rumah  dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.

Pertemuan Kedua    
Fungsi sosial:
1.      Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
2.      Mencapai tujuan, menjaga ketertiban dan keselamatan pribadi dan publik.
Struktur Teks:
1.    Ungkapan baku rambu (short notice): Keep the room clean and tidy. Keep door closed at all times. Do not enter. An email has been received. No mobile phones in the library.
Unsur Kebahasaan:
  1. Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan
  2. Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
  3. Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik:
Tindakan di sekolah dan di rumah  dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.

D.      METODE PEMBELAJARAN:
1.      Metode Ilmiah
2.      Pembelajaran Kontekstual
E.       MEDIA PEMBELAJARAN:
Pictures
F.       SUMBER BELAJAR
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Halaman 164 -182 .
2.      Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah.



  
G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Pendahuluan  (10 menit )
1.      Guru memberi salam (greeting);
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa;
3.      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4.      Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5.      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6.      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7.      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.

Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1.   Siswa mengamati gambar mengenai tanda atau rambu (short notice)
2.   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri tanda atau rambu (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan penggunaan berbagai ungkapan sapaan dalam bahasa Inggris,

Mengeksplorasi
Siswa mendeskripsikan gambar yang berisi tanda atau rambu. (Activity 1)

Mengasosiasi       
Siswa bekerja sama dengan kelompok mendeskripsikan tanda atau rambu(shor notice) . (Activity 2)
                            
Mengomunikasikan
Siswa mendeskripsikan contoh tanda atau rambu(short notice) yang diberikan guru.
Mencipta
Siswa menuliskan tanda atau rambu (short notice) yang pernah ditemui.(Activity 3)

Penutup (10 menit)
1.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2.      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.      Peserta didik menerima tugas mandiri untuk membuat catatan mengenai sapaan dan merespon sapaan yang biasa dipakai orang-orang di lingkungan rumahnya sebagai tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
4.      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.      Peserta didik dan guru mengucapkkan salam penutup.

Pertemuan Kedua
Pendahuluan  (10 menit )
1.      Guru memberi salam (greeting);
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa;
3.      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4.      Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5.      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6.      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7.      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.

Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1.      Siswa mengamati gambar tempat yang biasanya terdapat tanda atau rambu (short notice)
2.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri tempat yang ada pada gambar.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan penggunaan berbagai tanda atau rambu dalam bahasa Inggris.

Mengeksplorasi
Siswa menyebutkan tempat-tempat umum yang sering dijumpai tanda atau rambu. (Activity 1)

Mengasosiasi       
Siswa memasangkan tanda atau rambu dengan kalimat yang sesuai berdasarkan masing-masing tanda atau rambu. (Activity 2)
Mengomunikasikan
Siswa memasangkan tanda atau rambu berdasarkan gambar tempat. (Activity 3)
Mencipta
Siswa menuliskan tanda atau rambu (short notice) berdasarkan situasi yang diberikan.(Activity 4)
Penutup (10 menit)
1.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2.      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.      Peserta didik menerima tugas mandiri untuk membuat catatan mengenai sapaan dan merespon sapaan yang biasa dipakai orang-orang di lingkungan rumahnya sebagai tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
4.      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.      Peserta didik dan guru mengucapkkan salam penutup.

A.      Penilaian
1.      Pengetahuan
a.         Teknik Penilaian       : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen    : Tes keterampilan berbicara
c.         Kisi-kisi                    :
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Disajukan gambar(tanda atau rambu), siswa mampu mendeskripsikan maksud gambar sesuai konteks dengan tepat secara lisan.
Gambar No. 1 - 8
d.         Instrument : lihat lampiran…
e.          Rubrik Penilaian Speaking
No
Nama
Aspek yang dinilai
Skor 1-3


fluency
accuracy
pronunciation































Kreteria Penilaian:
Fluency dengan skor   3, jika pembicaraan lancar tanpa banyak jedah
2, jika pembicaraan sering terjadi jedah
1, jika pembicaraan tidak berlanjut,
Accuracy dengan skor 3, jika seluruh percakapan akurat dan
2, jika pembicaraan ada jeda
1, jika pembicaraan stop
Pronunciation              3, jika jelas dan tepat
2, sebagian tidak jelas atau tidak tepat
1, jika tidak jelas atau tidak tepa

2.      Pengetahuan
a.         Teknik Penilaian       : Tes Tulis
b.        Bentuk Instrumen    : Essay
c.         Kisi-kisi                    :
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Disajukan gambar situasi tempat, siswa mampu membuat tiga tanda atau rambu yang sesuai dengan konteks pada gambar dengan tepat secara tertulis.
Gambar No. 1 - 5

d.   Instrument : lihat lampiran
e.    Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis
No
Nama
Aspek yang dinilai
Skor 1-3


Diction
accuracy
Kesesuain isi































Kreteria
Diction            3, jika pilihan kata tepat
2, jika pilihan kata ada kurang tepat
1, jika pilhan kata banyak yang kurang tepat
Accuracy         3, jika grammar akurat
2, jika grammar ada yang tidak akurat
1, jika sebagian besar grammar tidak akurat

3.      Sikap
a.         Teknik Penilaian       : Penilaian Guru
b.        Bentuk Instrumen    : Perform
c.         Rubrik Penilaian Sikap

No
Nama
Aspek yang di amati
Skor


Percaya diri
Tanggung jawab















































Kreteria
BT (Belum Tampak)            : skor 1
MT (Mulai Tampak)             : skor 2
M M (Mulai Membudaya)   : skor 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar